APUAN  |  Aman, Patuh, Utuh, Asri, Nyaman  

Artikel

SOSIALISASI ANTI KORUPSI

25 April 2024 09:43:36  Administrator  35 Kali Dibaca  Agenda Desa

Untuk melaksanakan intruksi Bupati Bangli Tentang Gerakan Moral Anti Korupsi, dan  maka dari itu Pemerintah Desa Apuan sudah melaksanakan Gerakan yang dimaksud sesuai Intruksi Bupati Bangli tersebut diatas, dengan memasangkan sepanduk di Desa Apuan pada tanggal , 25 April 2023, agar masyarakat mencermati Gerakan Anti Korupsi guna demi kepentingan bersama.

Di Pimpin Oleh Perbekel Desa Apuan I Wayan Sunarta, yang di dampingi Sekretris Desa Apuan, Babinsa, dan Bimas Desa Apuan, melibatkan Semua Sektor di Lembaga Pemerintahan Desa Apuan. 

Istilah korupsi berasal dari bahasa latin yakni corruptio. Dalam bahasa Inggris adalah corruption atau corrupt, dalam bahasa Perancis disebut corruption dan dalam bahasa Belanda disebut dengan coruptie. Dan dari bahasa Belanda itulah lahir dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan kata korupsi. Korup berarti busuk, buruk; suka menerima uang sogok (memakai kekuasaannya untuk kepentingan sendiri dan sebagainya).Korupsi adalah perbuatan yang buruk (seperti penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya.

Ada Sembilan nilai anti korupsi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan berkeluarga, bekerja, maupun bersosialisasi dalam masyarakat. Kesembilan nilai anti korupsi dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu inti (jujur, disiplin, dan tanggung jawab) yang dapat menumbuhkan sikap (adil, berani, dan peduli) sehingga mampu menciptakan etos kerja (kerja keras, mandiri, sederhana).

Penjabaran singkat arti nilai-nilai tersebut penting dilakukan oleh kita semua dalam setiap perilaku di kesehariannya dalam interaksi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Arti nilai jujur adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan kesatuan antara pengetahuan, perkataan, dan perbuatan. Jujur berarti mengetahui apa yang benar, mengatakan dan melakukan apa yang benar. Orang yang jujur adalah orang yang dapat dipercaya, lurus hati, tidak berbohong, dan tidak melakukan kecurangan.

Meningkatkan Kesadaran Untuk Berperilaku Anti Koruptif Berlandaskan Sembilan Nilai Anti Korupsi

 

Humas Desa Apuan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 HUBUNGI KAMI

Admin Desa

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 CUACA

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SiIKSnG

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Desa : Apuan
Kecamatan : Susut
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80661
Telepon : 03665597045
Email : desaapuan12@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:668
    Kemarin:401
    Total Pengunjung:357.638
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.127.191
    Browser:Mozilla 5.0

 Komentar