APUAN  |  Aman, Patuh, Utuh, Asri, Nyaman  

Artikel

MONITORING P3PD TAHUN 2024

10 Juli 2024 11:31:39  Administrator  34 Kali Dibaca  Berita Desa

Rabu, 10 Juli 2024

Perbekel Desa Apuan I Wayan Miarta didampingi Sekretaris Desa Apuan I Wayan Miarta, menyambut kehadiran Regional Management Consultan (RMC) II Bali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan pasca pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kementrian Dalam Negeri telah melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa tahun 2024.

Adapuan Specialist RMC II yang melaksanakan monev Pasca Pelatihan tersebut Ke Desa Apuan yaitu, I Wayan Merta, ST, Jabatan Monitoring & Evaluasi Specialist.

Tujuan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Peningkatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yaitu Mengukur capaian kinerja program, Mengoordinasikan pelaksanaan P3PD agar sesuai dengan kebijakan dan pedoman yang telah ditetapkan, Melakukan supervisi atas pencapaian P3PD, Menjaga kualitas dan akuntabiltas.

Program penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) merupakan program pemerintah dala mendukung implementasi Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, yang secara struktur dikawal oleh beberap akementerian dan lembaga.
 
P3PD diharapkan akan membawa perubahan sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa dan pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang lebih efisien (yang berbasis permintaan dan kebutuhan dengan menggunakan teknologi digital berbasis mekanisme pasar), pengembangan sistem pelaporan, monitoring dan umpan balik yang efektif, serta pemberian insentif kepada desa dan kabupaten berkinerja baik untuk memperkuat capaian program. Sistem pendukung yang dikembangkan oleh pemerintah pusat (baik oleh kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas dan kemenko PMK) tidak hanya dapat mendukung dan mendorong efisiensi di pusat, namu juga dapat dipergunakan pemerintah daerah dan Desa.
 
Tujuan P3PD
P3PD bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dalam rangka memperbaiki tata kelola pemerintahan dan meningkatan kualitas pembangunan desa di lokasi program, melalui :
  1. Perbaikan kinerja pemerintah dan aparat desa melalui penguatan sistem peningkatan kapasitas yang berbasis permintaan dan kebutuh.
  2. Penguatan sistem pendampingan dan pengembangan kapasitas untuk meningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.
  3. Mengujicobakan mekanisma pemberian insentif kepada pemerintah desa berdasarkan metrik kinerja utama dari tata kelola yang baik, dan.
  4. Penguatan sistem informasi dan data desa berbasis teknologi untuk memperbaiki koordinasi, supervisi monitoring dan evaluasi kinerja desa serta mendodrong pemakaian data dalam perencanaan dan penganggaran di tingkat desa.

 

Hums Desa Apuan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 HUBUNGI KAMI

Admin Desa

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 CUACA

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SiIKSnG

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Desa : Apuan
Kecamatan : Susut
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80661
Telepon : 03665597045
Email : desaapuan12@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:959
    Kemarin:948
    Total Pengunjung:404.062
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.44.30
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar