APUAN  |  Aman, Patuh, Utuh, Asri, Nyaman  

Artikel

Optimalisasi Pengelolaan Unit Usaha Pariwisata pada BUM Desa Dharma Abadi Apuan, Susut, Bangli

10 Juni 2024 20:11:43  Administrator  59 Kali Dibaca  Berita Desa

Senin, 10 Juni 2024 bertempat di Kantor Desa Apuan Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, yang dihadiri oleh Pengurus Unit usaha pengelolaan pariwisata Tibumana beserta Pokdarwis.

Pembangunan desa mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan khususnya masyarakat perdesaan.

Tim Pengabdian Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar PKM di Desa Apuan, Susut, Bangli.

Untuk mendorong pembangunan desa, pemerintah desa diberikan kewenangan mengelola perekonomian desa secara mandiri salah satunya melalui lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). 

Desa Apuan yang terletak di Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli memiliki BUM Desa Dharma Abadi. Unit usaha yang dikelola BUM Desa Dharma Abadi adalah unit usaha simpan pinjam, pengelolaan penyediaan air minum dan pengelolaan objek wisata. Salah satu unit usaha yang akan dikembangkan adalah unit usaha pengelolaan objek wisata Tibumana.

Berangkat adanya permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Universitas Warmadewa (Unwar) yang diketuai Ni Made Puspasutari Ujianti, SH.,MH.;anggota tim pengabdian Ida Ayu Putu Widiati, SH.,M.Hum.; Luh Putu Suryani, SH.,MH.; dan Dr. Ni Made Wahyuni, S.E., M.Agb., melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Pengabdian itu dilaksanakan dalam bentuk: Pembinaan sumber daya manusia unit usaha pengelolaan pariwisata Tibumana BUMDes Dharma Abadi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli; dan Pelatihan Kapasitas SDM BUMDes terutama tentang pelaporan keuangan (akuntansi) dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa Denpasar.

Materi pembinaan juga disampaikan oleh Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli I Gede Putu Budiastawa,SST.Par.M.Par.

Mengenai program pembinaan ini Perbekel Desa Apuan I Wayan Sunarta didampingi oleh I Dewa Gede Agung Semarabawa,SH.,MH Ketua BPD Desa Apuan, menyambut baik program ini dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Unwar atas program yang langsung menyentuh dan mengedukasi masyarakat.

Dari hasil Pembinaan dapat diidentifikasikan bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, diperlukan terobosan baru dengan memberdayakan masyarakat Desa Apuan, seperti misalnya dengan menyediakan homestay untuk wisatawan yang tentu saja sepengetahuan dari desa adat maupun desa dinas, serta pemberdayaan UKM dan STT dengan menampilkan atau menyuguhkan potensi lokal desa Apuan yang memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik wisata selain panorama alam di air terjun Tibumana ataupun objek wisata alam lainnya yang ada di Desa Apuan.

Humas Desa Apuan

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 HUBUNGI KAMI

Admin Desa

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 CUACA

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SiIKSnG

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Desa : Apuan
Kecamatan : Susut
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80661
Telepon : 03665597045
Email : desaapuan12@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:925
    Kemarin:948
    Total Pengunjung:404.028
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.44.30
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar